April 16, 2013

Cake Pandan


Pertama kalinya ada pesenan cake pandan padahal belum pernah buat sebelumnya dan dengan nekatnya juga langsung terima.
hehehehe...tapi sukseis tuuuuh :)
Oya, sebisa mungkin gue ga akan pake pewarna makanan selama masih ada bahan yang alaminya.
Contohnya yah cake pandan ini, gue bener-bener asli pake pewarna alami yaitu dari campuran daun suji dan daun pandan yang diblender, nah...airnya gue saring dan gue jadikan pewarna alami. Aroma pandannya bener-bener ga ada duanya deeeeh. Emang sih warnanya kurang keliatan cantik dan hijau pucat, tapi gue tetap akan pakai pewarna alami yang lebih baik untuk kesehatan :) Tapi semuanya tergantung pemesan sih, kalo mau pakai pewarna yah ga apa-apa juga 

CAKE PANDAN
Resep: Renna

Bahan :
200 gr terigu (segitiga biru)
200 gr margarin, cairkan 
200 gr gula pasir halus
4 btr telur utuh
4 btr kuning telur
3 sdm SKM putih 
20 gr susu bubuk vanila
20 gr maizena
1 sdt emulsifier
1 sdt baking powder

5 sdm air campuran daun pandan dan daun suji/ 1 tetes pewarna makanan (hijau)

Cara membuat :

  • mixer telur, gula, emulsifier hingga mengembang, kental dan berwarna putih
  • masukan terigu, susu bubuk, maizena dan baking powder bergantian dengan margarin dan SKM sambil di aduk dengan mixer dengan kecepatan paling rendah, sebentar saja. tambahkan pewarna hijau
  • kemudian matikan mixer ganti mengaduk dengan spatula jika kurang tercampur rata (mengaduknya pelan-pelan yah jangan sampai adonan kemasukan udara dan tidak mengembang lagi)
  • masukan kedalam loyang
  • panggang adonan hingga matang

No comments:

Post a Comment